Anak Susah BAB karena Susu Kedelai / SOYA MILK (Benarkah?!?) & Tips Beralih ke Susu Sapi

experience taking care of baby

Siang Mom’s, Ibu, Bunda Tercinta..

Sedikit cerita yang berlanjut menjadi curhat ya mom’s, mohon dimaklumi namanya juga bupong (bunda rempong hihihi…)
Saat ini saya adalah seorang Ibu with 2 boy’s, and 1 husband. Buat para mommy dan juga bunda – bunda diluar sana pasti sudah pada tau gimana critanya untuk menjadi single women ya mom’s diantara 3 jagoan neon hihihi….

Saya typikel orang yang mudah temperament, tapi mudah juga menyadari diri sendiri kalau lagi sedang naik daun (ee.. maksudnya puncak emosi).

Dulu saat anak pertama hampir tiap bulan saya kudu samperin tuch dokter cinta, dengan problem bermacam macam yang tersering adalah demam & kembung mom’s.
Oughh… kalau anak sudah sakit, hati rasanya ruontokk.. kalau ada penitipan kepala pasti uda dititipin kepala nich.

Pernah suatu ketika saat si Kakak Iqbaal berusia 2 tahunan, dia susah BAB, hampir tiap hari kalau mo berangkat kerja kudu ngebantuin sikakak BAB, ngelihat “ngejan-nya” berasa kaya melahirkan… kasihan sampai D**bur berdarah karena luka….
(ini karena si kakak minumnya susu tambahan pake soya ya mom’s).

Hampir selama 3 tahun ngalamin hal itu mom’s, sampai suatu ketika saya ketemu sama IT dari parkir, sambil perbaikan kita sering curhat curhat soal anak. Belajar dari pengalaman dia saya mulai mencoba.

Bulan berikutnya saya belikan kakak iqbaal susu formula yang sapi ya mom’s, tapi soya saya belikan 1/2 dari kebutuhannya, awal mula saya oplos (bukan minuman opolosan loh mom’s) disini saya menggunakan takaran 1:1 artinya satu takar susu sapi : 1 takar susu kedelai.

Bertahap saya lakukan terus sd 40 hari mom’s, tapi setiap 2-3 hari sekali saya kudu berikan suplemen makanan, saya fanatik pake lacto-B resep dari dokter kakak.
Tapi jangan dibayangkan mudah yach mom’s, selama 40 hari tersebut serasa kaya ujian sekolah, anak rewel terus malam hari, badan merah mungkin juga gatal, tapi tetep dicoba juang dulu lewat 25 hari sudah agak reda rewelnya kakak.

Alhasil setelah melewati lebih satu bulan, kakak sudah bisa nerima susu sapi.
Aghhh… alhamdulillah yach rasanya.
Jadii anak kecil itu mempunyai system imun sendiri mulai dini, apabila dia tidak tawar dengan sesuatu hal, dia akan mengimun tubunnya sendiri dan biasanya prosesnya lebih cepat, lama kelamaan dia akan bisa menerima sesuatu tersebut jika sudah terbiasa.

ini masih perjuangan awal yach mom’s, saya pikir dengan minum susu sapi anak akan lebih baik imun dan juga bobot badannya, selama pakai soya tubuhnya gk bisa gemuk (hiks…hiks… kaya kurang perhatian orang tua).
Ternyata… masing sering kambuh sakit tiap bulan, BAB kurang lancar. Sampai sekarang umur kakak uda 5 tahun BAB kakak memang kurang rutin, sering sedih, marah – marahin sich padahal gk boleh….

Lambat laun ya kudu terima dan sabar, Bagaimana mom’s & Bund… apa pernah ngalamin yang sama…

Advertisements

Tips Menghilangkan Kerak Kuning pada Dasar Panci

Pagi mom’s, ibu, bunda, mama’ tercinta…

Alhamdulillah yach… allah masih memberikan rahmat & hidayahnya pada kita dipagi ini. Sekedar sharing pagi ya…

Ceritanya pagi ini secara tidak sengaja kegiatan rutin setiap bangun pagi, kudu dan mesti masak, buat sarapan dedek Alaric, buat sarapan kakak Iqbaal plus Ayahnya…

Secara nggak sengaja pagi ini nemuin cara gimana merontokkan kerak air dari panci, yang memang uda lama bandel banget diketok ketok kagak pecah, digosok gosok kagak mau luntur…

Singkat cerita… begini caranya :

1. panci yang berkerak, panaskan diatas kompor tanpa air . Sedikit agak¬† lama ya mom’s sampai kerak kuning dalam panci terlihat kering , tapi jangan sampai keluar asap seperti panci hangus.

2. Setelah dirasa cukup, angkat panci dan tuangkan air kedalam panci.

3. Otomatis kerak tadi yang ud bandel banget diusir kagak mau ilang, otomatis retak mom’s. denger suaranya “kletek”..”kletek”.. dan akhirnya

4. “Cliiinggg… wajah asli dasar panci yang semula tertutup kerak kuning nakal” jadi terlihat tapi gak berkilau ya mom’s.

5. Buat balikin shine lagi, gosok dengan abu gosok . biasanya saya pakai abu dari produk In**mart mom’s, saya bilang abu ini amajing bener… buat panci gosong – gosong dia ampuh banget. (tipsnya : sangat menggosok dengan abu permukaan basahin dulu, dan saat menggosok jangan dicampur air).

Sekedar Sharing pagi mom’s, ini pengalamanku… silahkan dicoba buat yang penasaran, semoga bermanfaat.

Ceritakan pengalamanmu mom’s…

 

Introduction

Hay… My name is mei dwi purwanti, many people call me may.

The Firts time, before me cas..cus… About may… let me say many thanks to my insipiration blogger jenk Nana Ratna jenaka @mr muhandokos.

She, opened my first door to play blog

Im a complicated women (^_^), si 1/2 melankolis mix 1/2 sanguinis. Ih’ve 2 boy’s & 1 husband. Ilove my little family.

early career in property developers, currently still in the same field building management at the high rise building.